Rabu, 29 Mei 2013

Cara Instal Windows XP – Praktis dan Mudah dengan Flashdisk


Cara Instal Windows XP – Praktis dan Mudah dengan Flashdisk
Cara instal Windows XP sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan terlalu banyak perangkat maupun keahlian komputer. Jika komputer anda megalami kerusakan dan perlu di install ulang, atau anda ingin mengganti operating system (OS) komputer anda dengan Windows XP, anda sebenarnya bisa melakukan cara instal Windows XP ini sendiri. Kalaupun anda tidak memiliki master CD windows XP, anda tetap bisa melakukannya dengan cara instal Windows XP dengan flashdisk. Dengan demikian anda tidak perlu memakai jasa penginstal yang menyita uang dan waktu, das pastinya lebih mandiri dalam menangani permasalahan komputer.
Cara Instal Windows XP – Langkah untuk Format Flashdisk
Sebelum mulai menginstal program ke dalam komputer, kita perlu menyiapkan beberapa hal yang menjadi “must have item” dalam mempraktekkan cara instal Windows XP software ke komputer secara mandiri. Berikut adalah apa saja yang anda butuhkan untuk menginstal Windows XP:
  • PC (notebook, laptop, etc)
  • Flashdisk dengan kapasitas minimal 1 GB
  • File Sistem Operasi Windows XP yang akan di install
  • USB_prep8 (software)
  • PeToUSB (software)
  • Bootsect (software)
Langkah awal dalam cara instal Windows XP adalah memasukkan Sistem Operasi XP ke dalam flashdisk yang nantinya akan digunakan untuk proses instalasi. Langkah ini sangat esensial mengingat keberhasilan penginstalan komputer bergantung pada lengkapnya program yang akan diinstal, oleh karena itu ikuti cara instal Windows XPdengan baik di komputer yang masih bekerja dengan baik dan memiliki CD ROOM. Berikut langkah untuk memformat flashdisk agar bisa digunakan untuk menginstal Windows XP di komputer tanpa perlu menggunakan CD:
  • Extract semua software yang disebutkan diatas.
  • Pada hasil extract software PeToUSB, copy-paste file PeToUSB.exe ke dalam folder USB_prep8, kemudian jalankan file USB_prep8.cmd
  • Jalankan sesuai instruksi dan flashdisk anda akan terformat (pastikan data penting sudah di amankan sebelum di format)
  • Setelah diformat, akan muncul command box hitam yang sebelumnya. Sekarang, ikuti petunjuk untuk memasukkan system operasi XP kedalam flashdisk anda.


Cara Instal Windows XP – Booting dengan Menggunakan Flashdisk
 
 
Setelah selesai semua proses copy software Windows XP di atas, flashdisk anda kini telah bisa digunakan untuk menginstal system operasi ke PC yang ingin di instal. Cara menginstal Windows XP relatif mudah. Cukup masukkan flasdisk yang sudah terisisi sotware Windows XP kedalam port USB dan lakukan proses booting. Ikuti proses install dan konfigurasi seperti yang tertera di layar monitor. Proses ini juga bisa digunakan untuk cara instal Windows XP sp3 dengan langkah yang tidak terlalu berbeda, hanya file software yang dicopy ke dalam flash disk saja yang membedakan prosesnya.
Setelah proses cara instal Windows XPselesai, anda bisa menjalankan komputer anda seperti biasa. Memang terkadang kita menganggap sulit segala proses instalasi yang berhubungan dengan komputer. Padahal jika kita berani mencoba, menginstal program ke komputer dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Langkah-langkah diatas membuktikan bahwa semua orang yang mengetahui informasi dasar tentang komputer dapat menginstal komputernya sendiri. Yang terpenting adalah kemauan dan keberanian untuk memulai hal yang baru.
Jika proses install yang anda lakukan kurang begitu sukses, anda bisa melakukan troubleshoot untuk mengetahui masalah dan error yang terjadi. Memang cara instal Windows XP tidak sesulit yang kita bayangkan dan dapat dilakukan siapa saja yang mau belajar.


1 komentar:

  1. permisi yaa,saya ijin promo nih,siap tau bisa sharing ilmu komputer :D

    http://www.asianbrilliant.com

    kursus komputer via online

    grosir kaos polos

    BalasHapus